Melanjutkan bahasan kita sebelumnya, kali ini akan dibahas apa itu flowchart dan bagaimana membuatnya. Sebelum lanjut ke pembahasan, apa ada yang sudah pernah mendengar tentang flowchart ini? atau malahan ada yang sudah pernah membuatnya? Oke, mari kita bahas.

Flowchart dalam Bahasa Indonesia disebut Diagram Alir. Jadi flowchart ini isinya ya berupa gambar yang didalamnya ada tulisan-tulisan dengan maksud tertentu. Mengapa begitu? Karena tujuan dibuatnya flowchart ini adalah untuk menggambarkan alur atau proses dari sebuah program. Sebenarnya tidak hanya bisa digunakan dalam pembuatan program saja, bisa juga digunakan untuk keperluan lain namun tetap harus untuk menggambarkan alur kerja dari sesuatu tersebut.

Diagram alir ini akan memberi tahu secara rinci setiap langkah dari sebuah proses kerja program yang dibuat, berikut ini contohnya.
Contoh flowchart

Dari contoh diatas, dapat kita ketahui alur kerja atau proses dari lampu tidak berkerja. Pada contoh tersebut terdapat 2 buah pilihan, yang pertama adalah apakah lampu sudah terpasang? jika tidak maka pasang lampu dan jika iya cek lagi. Ini adalah pilihan kedua, apakah bola lampu terbakar? jika tidak maka perbaiki lampu dan jika iya maka ganti lampu. Sudah paham? jika belum bisa kalian tanyakan dikolom komentar.

Lanjut ya. Jika kita sudah tahu apa itu flowchart atau diagram alir, langkah selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara membuat nya?

(to be continue)