Android O atau sekarang punya nama Android Oreo resmi diluncurkan pada 21 Agustus 2017 kemarin. Lalu apa yang baru di Android Oreo ini? Mari kita bahas.

Android Oreo

Android versi 8.0 ini sudah diperkirakan oleh banyak komunitas akan memakai nama Oreo sebagai generasi penerus Android Nougat yang rilis tahun kemarin. Berikut ini merupakan fitur-fitur ungggulan yang ditawarkan oleh Android Oreo ini.

1. Picture-in-picture
Fitur satu ini adalah yang paling ditunggu oleh para pengguna Android. Fitur yang memungkinkan penggunanya membuka 2 aplikasi secara bersamaan tanpa harus menutup aplikasi yang lain. Fitur ini memang sudah bisa digunakan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, namun dengan adanya dukungan langsung dari google didalam Android itu sendiri pengguna akan bisa menggunakannya dengan semaksimal mungkin.

2. Batas aplikasi yang berjalan di Background
Daya tahan baterai merupakan sesuatu yang krusial bagi setiap pengguna smartphone. Oleh karena itu pada update versi Android kali ini google menyematkan fitur ini. Google meningkatkan batas otomatis aplikasi yang bisa berjalan dilatar belakang dan hal ini akan sangat berpengaruh terhadap daya tahan baterai. Fitur ini memungkinkan para pengembang membuat aplikasi dengan efek kecil terhadap baterai.

3. API Autofill
Google berharap pengguna bisa menghemat waktunya dengan menanamkan fitur ini pada Android versi terbarunya. Fitur ini memungkinkan pengguna menjadi lebih cepat dalam mengisi form yang ada, lebih khususnya halaman untuk login sehingga pengguna tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk menggunakan fitur ini.

4. Navigasi keyboard yang lebih baik
Menurut google, peningkatan navigasi keyboard ini merupakan perubahan yang besar. Pada Android Oreo ini google berfokus pada model navigasi “Panah” dan “Tab” yang lebih dapat diandalkan.

5. Audio yang lebih baik
Google menambahkan codec LDAC milik Sony yang telah disumbangkan ke Android. Codec ini memperbaiki kualitas protokol Bluetooth A2DP yang saat ini digunakan. Menurut Google ini adalah API yang akan memungkinkan Audio berkualitas tinggi dengan latesi yang rendah.

6. Perbaikan pada aplikasi Kamera
Google menghabiskan wantunya untuk mengembangkan dan mengolah ulang aplikasi kamera, yang sekarang menawarkan fitur ketuk 2 kali yang memungkinkan penggunanya mendapatkan zoom 50% dengan cepat. Ada juga tombol khusus baru yang memungkinkan pengguna beralih antara mode foto dan video.

7. Adaptif Icon
Fitur lain yang diharapkan adalah adaptif icon, dimana pengembang dapat menggunakan icon untuk aplikasi dengan bentuk yang berbeda tergantung pada preferensi atau selera setiap pengembang.

Itu tadi beberapa fitur unggulan dari Android Oreo, fitur apa yang paling kalian suka dari yang azwaronline sebutkan diatas? Disini kita berharap para pengembang, smartphone yang sedang kita gunakan saat ini akan mendapatkan update ke versi Android Oreo.

*Artikel ini akan diupdate jika ada informasi fitur unggulan lainnya.

Sampai jumpa lagi.