Menghindari berita hoax
Kali ini kita akan membahas bagaimana mencegah dan menghindari berita hoax, banyak hoax-hoax berceceran dimana-mana. Hal ini kadang membuat kita menjadi bingung akan sebuah kebenaran dari suatu berita. Sebelum kita bahas lebih lanjut, mungkin ada dari yang membaca tulisan ini belum tahu hoax itu apa. Jadi, mari kita bahas.

Apa itu Hoax?
Hoax adalah berita bohong atau berita yang tidak benar adanya. Hoax biasanya menyebar melalui media sosial, jadi kita harus berhati-hati dengan berita yang ada dimedia sosial. Namun jangan takut untuk membaca berita dimedia sosial karena tidak semua berita dimedia sosial itu hoax dan karena kita akan lebih banyak mendapatkan informasi jika menggunakan media sosial.

Bagaimana hoax bisa menyebar?
Berita seperti ini akan mudah menyebar jika semakin banyak yang mempercayainya, biasanya hoax disebarkan oleh akun-akun yang sudah mempunyai pengaruh atau oknum-oknum yang memang sengaja membuat hoax untuk mengendalikan opini masyarakat umum. Kita harus sangat berhati-hati dengan media yang belum jelas asal usulnya.

Jika kita sudah tahu pengertian dan cara hoax ini menyebar, sekarang kita akan membahas bagaimana cara untuk mencegah dan menghindari berita hoax ini. Berikut ada beberapa tips dari azwaronline untuk kalian yang ingin terhindar dari berita hoax.

Bagaimana agar tidak terjebak hoax?

  1. Memberlakukan “asas praduga tidak percaya”
  2. Waspada terhadap clickbait atau judul yang provokatif
  3. Hindari media yang tidak jelas asal usulnya
  4. Segera cari tau berita lain sebagai pembanding
  5. Konfirmasi ulang berita dengan fakta yang ada

Jadi kesimpulannya, jangan mudah percaya pada berita yang beredar melalui media sosial sebelum memastikan sendiri kebenarannya baik itu secara langsung atau dengan cara membandingkannya dengan berita lain. Kita harus selalu waspada agar tidak terjerat dengan hoax karena akan sangat merugikan diri kita sendiri.

*sedikit membahas tentang asas praduga tidak percaya. Ya, asas ini mirip dengan asas praduga tidak bersalah. Maksudnya kita harus selalu menempatkan posisi tidak percaya terhadap semua berita tanpa terkecuali hingga kita bisa memverifikasi kebenarannya.

Sampai jumpa lagi.