Kali ini azwaronline akan membahas tentang bagaimana cara backup file penting sebelum instal ulang windows. Sering kali ketika windows mengalami masalah dan tidak bisa booting secara normal, kita bingung karena file penting masih ada di dalamnya. Kalau file sudah diamankan di media penyimpanan yang berbeda dengan operating system berada mungkin masih aman. Namun ada kalanya kita harus mengatur ulang partisi sebelum instal ulang yang mengharuskan memformat semuanya. Sayang kan kalau file penting kita hilang begitu saja. Oleh karena itu, akan azwaronline bahas disini.

Apa saja yang dibutuhkan?
Untuk membackup sebenarnya tidak banyak yang dibutuhkan. Hanya file instalasi windows yang pastinya sudah siap ketika kita ingin melakukan instal ulang, tempat penyimpanan eksternal, dan teh atau kopi untuk menemani kita selama proses backup berlangsung.

Bagaimana caranya?
Kalian hanya perlu mengikuti beberapa langkah sederhana berikut ini, sudah dilengkapi dengan gambar lebih mudah memahaminya.

  1. Lakukan booting seperti biasa, bisa menggunakan USB atau CD
  2. Sambungkan media penyimpanan eksternal untuk tempat backup
  3. Setalah windows selesai meload semua file instalasi pilih “Repair your computer“, jangan pilih “Install Now
  4. Kemudian akan ada tampilan seperti gambar di bawah, pilih “Troubleshoot” dan pilih “Advanced Optionbackup file penting dengan windows 1
  5. Pilih “System Image Recovery” dan akan muncul eror, abaikan dengan menekan pilihan “Cancelbackup file pentng dengan windows 2 backup file pentng dengan windows 3
  6. Kemudian pastikan “Select a system image” sudah dipilih lalu klik “Nextbackup file pentng dengan windows 2
  7. Pilih “Advanced” di halaman berikutnya dan pilih “Install a driver” pada popup yang keluarbackup file pentng dengan windows 5 backup file pentng dengan windows 6
  8. Klik “Ok” dan taraa.. Muncul semua drive yang ada di komputer
    backup file pentng dengan windows 8
  9. Setelah itu kalian bisa cari file penting yang akan kalian backup ke dalam media penyimpanan eksternal yang sudah disiapkan sebelumnya.
  10. Kalian hanya bisa copy dan paste maksimal 1 folder saja, jadi kumpulkan dulu semua file yang penting dan setelah terkumpul baru bisa kita pindahkan ke penyimpanan eksternal.

Bagaimana? mudah bukan? itu tadi cara backup file penting sebelum instal ulang windows menggunakan file instalasi windows. Dengan cara ini kalian tidak membutuhkan aplikasi tambahan hanya butuh kesabaran karena tidak bisa melakukan block all atau ctrl+a.

Jika masih ada yang belum dimengerti bisa kalian tanyakan di kolom komentar di bawah.
Sampai jumpa lagi.