Membuat program baik itu untuk robot, web, atau apapun itu pasti menggunakan perintah loop atau pengulangan. Oleh karena itu, kita perlu memahami jenis dan contoh pengulangan dalam program. Mari kita bahas.

Berapa banyak jenis-jenis pengulangan yang dimaksud?
Secara umum, pengulangan yang sering digunakan ada tiga yakni “for”, “while”, dan “do.. While..”. Jika ada pengulangan yang belum azwaronline sebutkan, kalian bisa tuliskan dikolom komentar.

Pengulangan dengan “For
For mempunyai tiga bagian penting, yang pertama adalah ekspresi atau inisialisasi. Misalnya kita memdefinisikan nilai awal sebuah variabel i=0, bagian keduanya merupakan syarat yang harus terpenuhi agar pengulangan bisa dilakukan, misalnya untuk variabel i<4, bagian terakhirnya atau bagian ketiga adalah hal yang dilakukan jika syarat bagian kedua masih terpenuhi. Kita gunakan bagian ke tiga ini untuk membuat batas atau membuat syarat agar bisa keluar dari pengulangan. Misalnya untuk variabel i<4, i++. Jadi ketika dibaca keseluruhan, dapat dibaca ketika nilai awal i=0 dan i<4 lakukan pengulangan dengan menambah nilai i terus menerus sampai syarat kedua tidak terpenuhi.

Berikut contoh penulisan pengulangan yang ditulis dengan bahasa c atau c++.

For (i=0;i<4;i++)
{
Statement atau perintah yang diulang;
}

Pengulangan dengan “While
While mempunyai struktur yang lebih mudah jika dibandinkan dengan pengulangan menggunakan for. Karena statement atau perintah akan diulang terus menerus sampai batas yang ditentukan tanpa memperhatikan definisi variabel awal dalam pengulangannya. Kita ambil contoh seperti contoh untuk pengulangan dengan for diatas jika digunakan dengan while maka akan ditulis seperti berikut ini (dalam bahasa c atau c++).

While (i<4)
{
Statement atau perintah yang diulang;
i++;
}

Jangan lupa untuk memberi kan i++ atau penambahan nilai i sampai syarat dalam while tidak terpenuhi lagi. Jika kita memang memerlukan pengulangan selamanya maka kita bisa tidak menambahkan i++ tersebut.

Pengulangan dengan “Do.. While..
Pengulangan satu ini adalah kebalikan dari pengulangan while, dimana kita mendefinisikan statement atau perintah yang mau dieksekusi terlebih dahulu sebelum memberikan syarat untuk pengulangannya. Jadi jika syarat tersebut tidak terpenuhi maka kita sudah melakukan eksekusi statement atau perintah yang sudah kita definisikan sebelumnya sebanyak satu kali. Berikut contoh penulisan pengulangan dengan do.. while.. yang ditulis dengan bahasa c atau c++.

Do
{
Statement atau perintah yang akan diulang;
i++;
}
While(i<4);

Jangan lupa juga memberikan variabel kontrol dengan sifat incremental atau bertambah agar pengulangan tidak menjadi forever loop atau pengulangan selamanya.

azwaronline rasa kalian sudah bisa memahami jenis dan contoh pengulangan dalam program serta bagaimana mengaplikasikannya. Sampai jumpa lagi dibahasan berikutnya.