Kali ini azwaronline akan membagikan tips tentang bagaimana menggunakan uang digital dengan bijak, tapi sebelum itu mari kita bahas dulu apa itu uang digital.

Apa itu uang digital?
Uang digital adalah uang yang berbentuk data, jadi tidak ada bentuk fisiknya, kan ada ATM? ATM bukan uang. Segala jenis kartu atau alat yang isinya uang digital bukan uang digital itu sendiri, itu hanya alat untuk bisa menggunakan uang digital.

Uang digital atau sering disebut juga uang elektronik, sekarang ini sedang menjadi tren kekinian karena kemudahannya dalam bertransaksi. Namun banyak sekali godaan karena banyaknya diskon yang ditebar diberbagai lini kebutuhan kita. Oleh karena itu kita harus menggunakan uang digital dengan bijak.

Bagaimana menggunakan uang digital dengan bijak?
Sebenarnya mudah saja, kita hanya harus menggunakan uang digital seperlunya saja, jangan diperlu-perlukan atau dipaksakan perlu karena diskon yang ada. Jangan takut untuk kehilangan momen diskon, karena biasanya diskon ini akan ada terus untuk momen-momen tertentu.

Tapi potongan diskonnya sangat besar lo? Kan bisa berhemat.
Nah ini ni yang membuat kita tidak tahan, diskon yang besar. Memang benar jika kita membeli ketika diskon besar kita bisa berhemat, tapi karena kita tidak terlalu butuh apa yang akan kita beli dengan diskon tersebut kita malah bisa dikategorikan boros, mengapa? Karena uang yang kita pakai tersebut bisa kita tabung dan barang atau jasa yang akan kita beli bukan termasuk kebutuhan primer kita.

Kita harus ingat, untuk bisa hidup sederhana kita harus membuat sekala prioritas dimana kebutuhan primer ada ditingkat satu, kebutuhan sekunder ditingkat dua dan kebutuhan barang tersier atau barang mewah ditingkat berikutnya. Selain itu, uang yang tidak kita gunakan sekarang bisa kita tabung. tidak harus dihabiskan saat ini juga.

Dengan begitu kita akan bisa menikmati hasil dari kita menabung dimasa yang akan datang. Untuk yang masih jomblo, kita bisa membuat tabungan khusus untuk persiapan pernikahan nantinya meskipun sekarang belum ada calonnya (baper).

Oke, jadi kesimpulannya. Gunakan uangmu seperlunya, baik itu uang real atau uang digital. Gunakan untuk investasi dalam bentuk tabungan atau investasi lain jangka panjang. Jangan sampai kita menyesal dihari tua nanti. Azwaronline tidak bermaksud menggurui atau sok pintar disini, artikel ini juga untuk pengingat bagi azwaronline sendiri.

Sampai jumpa lagi.