Spoiler alert! Banyak spoiler dalam review novel Bintang karangan tereliye ini. Azwaronline merekomendasikan novel bintang segera dibaca. Berikut reviewnya.

Novel fiksi fantasi karangan tere liye belum berakhir, hal ini di buktikan dengan akhir cerita novel ke 4 dari serial Bumi ini masih akan berlanjut ke novel berikutnya yang berjudul “Komet”. Seperti yang kita ketahui serial Bumi ini sudah ada 4 judul, yakni bumi, bulan, matahari dan bintang yang terakhir rilis pada bulan juni 2017 kemarin.

Novel-novel tere liye selalu ditunggu oleh pembaca setianya, termasuk serial Bumi ini. Mengapa? Karena menurut azwaronline, pembawaan alur, karakter dan petualangan yang disajikan dalam setiap ceritanya bisa membawa pembacanya merasakan setiap ketegangan dan emosi masing-masing karakternya.

Kalau kalian sudah membaca novel sebelumnya kalian pasti tidak asing dengan 3 karakter utama dari serial ini yakni raib dari klan bulan yang mempunyai kekuatan untuk menghilang dan pewaris buku ajaib klan bulan, kemudian ada seli yang berasal dari klan matahari yang tinggal dibumi karena ibunya yang juga dari klan matahari menetap dibumi, dan karakter yang paling tidak mau kalah dari karakter yang lain tidak lain adalah ali dari klan bumi yang tidak mempunyai kemampuan apapun, namun dia mempunyai otak dan daya pikir yang sangat jenius melebihi anak-anak seumurannya.

Di dalam novel bintang ini diceritakan tentang petualangan raib, seli dan ali kembali ke klan bintang yang ada di bawa tanah dekat perut bumi beratus-ratus kilometer dari permukaan tanah. Klan bintang adalah klan yang sangat maju dalam hal teknologi jika dibandingkan dengan klan lainnya. Namun meraka tidak kembali sendirian, kali ini meraka didampingi oleh miss selena guru matematika raib, seli dan ali yang ternyata mata-mata dari klan bulan. Mereka kembali dengan tujuan untuk menggagalkan rencana dewan kota klan bintang menghancurkan salah satu pasak bumi yang dimana maksudnya adalah gunung aliran magma yang dapat menghancurkan klan permukaan (klan bumi, bulan, dan matahari).

Petualangan yang seru selama di klan bintang ini tidak akan diceritakan disini jadi cukup sekian spoilernya, kembali ke review nya. Novel yang berjumlah total 380 halaman ini sangat direkomendasikan untuk dibaca, meskipun kalian hanya membaca novel ini saja dengan tidak membaca novel-novel sebelumnya kita masih akan merasakan keseruan dari petualangan yang ada di novel bintang ini. Tapi tetap disarankan untuk membaca ketiga buku sebelumnya untuk mendapatkan cerita lengkap dari serial ini.

Pembawaan emosi oleh penulis juga bagus mengingat ini novel fiksi fantasi, kita bisa ikut merasakan emosi dari setiap karakternya dengan penggunaan kata-kata yang menjadikan kita seakan ikut berada dalam kisah raib, seli dan ali. Banyak juga hal-hal yang tidak terduga di dalam novel ini dan kejutan seperti ini menambah keseruan sendiri. Kemampuan dari masing-masing karakter juga semakin dipertegas.

Kalau azwaronline harus memberi nilai azwaronline beri nilai 4.5/5 untuk novel ini. Sisanya karena masih dibuat penasaran dari kelanjutan kisah raib, seli dan ali di novel komet yang masih belum terkonfirmasi kapan akan rilis.

Jika kalian suka review seperti ini kedepannya akan ada beberapa review lagi, tapi jika kalian ada masukan bisa kalian sampaikan di kolom komentar dibawah. Sampai jumpa lagi.