Sebelum kita membahas tentang persepsi, mari kita main tebak-tebakan dengan beberapa gambar berikut ini.

Berapa titik hitam

Berapa banyak titik hitam yang kalian lihat dari gambar diatas?

Atas atau bawah

Mana bagian atas dan mana bagian bawah dari gambar diatas?

6 atau 9

Gambar ini gambar fenomenal, angka berapa yang kalian lihat? 6 atau 9?

Setiap orang punya kepalanya masing-masing, hal ini lah yang bisa menyebabkan adanya perbedaan pendapat. Setiap orang juga punya cara pandang nya sendiri yang dipengaruhi oleh banyak sekali faktor. Dari bebapa gambar diatas kita jadi tahu bahwa kita bisa mempunya perbedaan penilain dengan orang lain yang biasa kita sebut dengan persepsi.

Kali ini kita akan membahas tentang persepsi, apa itu persepsi dan kenapa dengan persepsi?
Oke, Mari kita bahas satu persatu. Persepsi bukan nama makanan, bukan juga nama tempat. Tapi persepsi adalah “Tanggapan (penerimaan) langsung dari sesuatu, atau proses seseorang mengetahui beberapa hal melalui pancaindranya” – Dari KBBI.

Kita juga bisa mengartikannya sebagai cara pandang manusia terhadap sebuah objek ditinjau dari berbagai aspek / sudut pandang memelui pancaindranya. Jadi setiap orang bisa menyikapi banyak hal dengan persepsinya masing-masing. Ada bebrapa hal yang mempengaruhi persepsi ini, menurut azwaronline. Diantaranya adalah faktor internal individu itu sendiri semisal kondisi fisik, pengalaman masa lalu, kepribadian, minat, dan tidak menutup kemungkinan suasana hati. Selain faktor internal, terdapat juga beberapa fakor external. Bisa dari karakteristik lingkungan dan objek yang terlihat semisal warna, ukuran, penempatan, intensitas ataupun gerakan.

Mengapa hal ini jadi penting? Hal ini penting karena jika kita salah dalam mempersepsikan sesuatu, akan sangat berdampak pada penilaian-penialain kita dan tindakan yang akan kita ambil. Hal ini akan mempengaruhi saat kita akan mengambil sebuah keputusan. Jadi kita harus lebih berhati-hati dalam mempersepsikan sesuatu. Persepsi biasanya mempunyai beberapa ciri diantaranya, selalu bersifat subjektif, jadi belum tentu benar, atau bisa saling bertentengan dengan orang lain.

Jadi bagaimana sebaiknya kita berpersepsi? Disini azwaronline punya beberapa tips nya.
1. Coba untuk melihat sesuatu hal atau objek dari sudut pandang yang lain
Hal ini karana dengan melihat dari sudut pandang yang lain, maka kita akan bisa mengetahui hal-hal yang sebelumnya tidak kita ketahui atau yang mungkin di pikirkan orang lain. Hal ini juga dapat dilakukan dengan menempatkan diri kita diposisi orang lain dalam melihat atau menilai suatu hal.
2. Sadari bahwa pendapat kita belum tentu benar karena adanya persepsi ini
Pendapat kita bukan satu-satunya dan belum tentu benar. Karena biasnya kita hanya melihat dari sisi kita saja dan tidak dari sisi orang lain.
3. Terima saran dari orang lain dan lakukan cek ulang untuk mengecek kebenarannya.
Pendapat orang lain sangat diperlukan disini. Karena seperti di awal bahasan ini, setiap orang punya kepalanya masing-masing dan ini menyebabkan perbedaan pandangan atau sudut pandang akan sesuatu.

Semoga bermanfaat untuk kita, yang terpenting adalah jangan memandang sesuatu hal atau objek hanya dengan satu sudut pandang saja, melainkan harus dari berbagai sudur pandang. Sampai jumpa lagi.